Cara Mengendarai Mobil Matic

Mobil matic mulai menjamur saat kebutuhan masyarakat meningkat. Dalam hal ini, menurut pemula mobil matic mudah dipelajari dan lebih simple bagi mayoritas orang. Padahal sebenarnya, kondisi psikologis juga mempengaruhi pemula untuk belajar cara mengendarai mobil matic pertama kali.

Mobil transmisi matic memiliki control panel yang lebih mudah daripada tipe manual sehingga mobil ini terkesan lebih mudah untuk dipelajari. Sebenarnya, mengendarai mobil matic tetap membutuhkan latihan yang rajin baik secara psikis dan teori. Lebih jelasnya, berikut ulasan terkait hal tersebut.

Faktor Psikologis

Berlatih fokus
Hal yang menjadi masalah bagi pemula dalam belajar mobil matic adalah kurang fokus dan cepat gugup. Mungkin hal sama bisa terjadi dengan mobil manual, namun masih didukung oleh kendali kopling yang bisa mengurangi kecepatan kendaraan.

Sementara mobil matic tidak menggunakan kopling, sehingga jika pengendara tidak menguasainya, maka kendaraan ini akan meluncur tak terkendali. Untuk itu pemula harus belajar fokus dan mengesampingkan rasa gugup saat mengendarai mobil matic.

Pengemudi juga harus sadar bahwa tidak sendirian berada di jalanan. Sehingga harus fokus kepada peraturan lalu lintas, kondisi pengendara lain, dan juga caranya dalam mengendalikan mobil. Tetap fokus untuk menjaga keselamatan diri dan juga pengguna jalan yang lain.

Jangan sampai karena merasa benar mengendalikan mobil, pengemudi tidak menghiraukan peraturan jalanan yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Hindari bermain ponsel atau memutar musik terlalu berlebihan yang membuat fokus pengemudi terpecah saat mengendarai mobil.

Tetap tenang Dan tidak panik
Pengemudi baru biasanya panik karena ini pertama kalinya mengendarai kendaraan beroda empat. Sebab mengemudi mobil tidak sama seperti transisi dari belajar sepeda ke motor.

Oleh karena itu, pengemudi baru harus Tahu betul cara mengemudi mobil matic yang benar. Pastikan menginjak rem atau memindahkan transmisi dengan tepat dan tidak panik. Hal ini bisa dilakukan dengan mengukur feeling dan banyak berlatih

Mau Belajar Dan Memahami
Supaya tidak panik pengemudi harus menguasai fitur-fitur yang terdapat pada mobil matic. Mulai dari tuas transmisi mobil matic, lampu sign, lampu depan, tombol AC, wiper, lampu bahaya, dan semua jenis spion. Dengan mau belajar dan memahami keseluruhan fitur mobil, membuat Anda lebih percaya diri dan fokus.

Fitur-fitur mobil tersebut juga akan terbiasa Anda operasikan jika sering berlatih di medan yang sesungguhnya, bukan hanya di lapangan atau di sekitar rumah saja. Untuk itu banyak berlatih juga dapat mempengaruhi penguasaan Anda terhadap fitur-fitur dan tuas transmisi pada mobil matic Anda.

Rajin Berlatih
Setelah mengetahui semua fitur dan juga tuas transmisi dari mobil matic, saatnya pengemudi pemula untuk rajin berlatih di segala medan.

Lakukan latihan dari lokasi yang sepi hingga ke lokasi yang rumit seperti jalan sempit atau tikungan dan tanjakan. Selain itu juga pengemudi berlatih parkir di segala kondisi.

Semakin sering berlatih, maka pengemudi akan dalam membawa kendaraannya. Pengemudi pemula juga harus belajar untuk mengendarai sendiri tanpa bantuan orang lain.

Ini melatih dan mengasah feeling pada saat menghadapi medan-medan yang tidak terduga di jalanan. Pengemudi pemula akan belajar memahami situasi dan masalah di jalanan dan memutuskan langkah apa yang akan diambil pada kondisi tersebut.

Faktor Teknis

Menguasai Tuas Transmisi
Mengendarai mobil matic bertitik berat pada tuas transmisi. menjadi penting bagi pengemudi pemula untuk mengetahui kode-kode pada tuas transmisi mobil matic dan fungsinya.

Pada tuas transmisi, terdapat kombinasi huruf dan angka yang harus dipahami, yaitu P-R-N-D-M (+/-) atau P-R-N-D-2-L.

Arti kode huruf dan angka tersebut adalah sebagai berikut.
– P (park) : Untuk Parkir
– R (rear) : Untuk Bergerak Mundur
– N (neutral) : posisi netral/tanpa gigi, digunakan saat berhenti sementara selama 10 sampai 20 detik , dikarenakan lalu lintas macet atau lampu merah.
– D (drive) : untuk melaju ke depan dengan kecepatan sedang atau untuk turunan
– 2 :maksudnya D-2, digunakan untuk kecepatan tinggi atau tanjakan
– L : untuk melaju pada tanjakan yang curam atau daerah yang penuh dengan tanjakan

Perlu diingat bahwa Anda harus menginjak rem terlebih dahulu jika ingin memindah tuas ke D untuk mengantisipasi mobil melaju dengan sendirinya. Beberapa mobil matic dilengkapi dengan fitur hold yang digunakan untuk mengunci posisi gigi.

Tombol kecil fitur hold ditekan pada saat tuas yang berada di posisi D titik fitur ini akan mengunci posisi gigi 2 atau 3. Fitur ini juga berguna untuk menghemat bahan bakar mobil matic Anda. Jika tombol ini ditekan, maka akan muncul huruf kuning O/D di speedometer mobil.
belajar_mobil_matic_Suzuki_Ignis

Menguasai dan memahami tuas transmisi mobil matic harus di luar kepala, sehingga tidak akan terjadi kesalahan saat mengendarainya. Harus diingat bahwa jika Anda mengendarai mobil itu bukan untuk keselamatan diri sendiri, namun juga bagi pengguna jalan yang lain.

Oleh karena itu gunakan cara mengemudi mobil matic yang benar dan aman untuk kepentingan bersama. Kuasai semua tuas transmisi yang ada di mobil matic untuk mempermudah proses belajar mengemudi.

Menguasai Pedal
Belajar mobil matic juga harus menguasai dan mengendalikan pedal dengan baik. Hanya ada dua pedal, yaitu untuk gas dan rem. Namun, yang terjadi di lapangan banyak yang salah injak karena gugup atau panik, seperti kesalahan ingin mengerem tapi malah menginjak gas sehingga akibatnya fatal.

Sebaiknya posisikan kaki pada pedal yang ingin dimaksud, atau lebih amannya selalu posisikan kaki dekat pedal rem. Jadi ketika selesai menginjak gas posisi kaki kembali dekat dengan pedal rem.

Menginjak pedal gas dan pedal rem juga tidak boleh dilakukan persamaan. Hal itu menyebabkan transmisi matic akan bermasalah. Maka dari itu pengemudi harus mengoperasikan pedal gas dan rem secara bergantian sesuai fungsinya.

Menguasai Teknik Mengemudi
Sebagai pengemudi yang baru belajar, pahami pergerakan kendaraan Anda. Jadi ketika berbelok, roda kemudi harus diputar dengan sesuai dan juga pertimbangkan haluan. Hal ini dilakukan supaya tidak mengenai sesuatu atau pengguna jalan lain.

Mengendarai mobil matic yang baik juga harus memperhatikan blind spot. Pengertian blind spot adalah sebuah titik yang tidak dapat dijangkau oleh mata atau kaca spion antara kendaraan Anda dan yang lain. Blind spot perlu diperhatikan saat mendahului atau bergeser posisi di jalan raya.

Pengemudi juga harus peka terhadap keadaan sekitar, seperti kondisi jalan yang berlubang atau kemunculan pengendara lain yang mendadak. Hindari juga hal-hal yang mengganggu konsentrasi, seperti bermain handphone atau memutar musik terlalu keras.

Selalu cek kembali fitur dan transmisi mobil matic Anda sebelum mengendarai mobil. Cara mengendarai mobil matic akan lebih bagus jika diikuti oleh perawatan pada perlengkapan mobil matic tersebut. Anggaplah mobil matic sebagai rumah kedua yang perlu dirawat supaya lebih terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.