Apa itu Airbag pada Mobil? Ini Fungsi & Cara Kerjanya

Pengguna mobil semakin hari meningkat baik itu dari kalangan remaja maupun dewasa. Tidak heran jika di jalanan banyak terjadi kecelakaan mobil. Dalam hal ini, Adanya airbag pada mobil akan sangat membantu pengendara di jalan raya untuk menjaga keamanan mereka.

Kebanyakan orang cukup menggunakan seat belt untuk alat pelindung diri saat berkendara, namun fitur keselamatan sudah banyak perkembangan saat ini. Untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengendara perlu mengetahui fitur keselamatan, fungsi dan cara kerjanya berikut ini:

Apa Itu Airbag Pada Mobil ?

Seperti yang Anda ketahui, fitur tersebut adalah salah satu komponen pelindung diri untuk pengendara. Fitur keselamatan yang satu ini telah dikembangkan di beberapa mobil keluaran terbaru milik Suzuki.

Komponen pelindung diri ini dihadirkan sebagai bentuk pelengkap kebutuhan pengendara yang banyak berujung pada benturan. Meskipun beberapa alat transportasi darat telah dilengkapi seat belt, dengan adanya alat pelindung diri ini kinerja fitur keselamatan pada mobil akan lebih efisien lagi.

Ada juga pendapat mengenai apa itu airbag yang mengatakan alat tersebut merupakan terobosan baru sebagai perlindungan di area vital pengendara. Komponen keselamatan ini memang letaknya di jok depan mobil, tempat biasanya terjadi benturan pada bagian tubuh pengendara.

Fungsi Airbag Mobil

Airbag merupakan alat pelindung diri yang fungsi utamanya adalah melindungi pengendara terutama saat terjadi benturan di perjalanan. Alat pelindung diri ini letaknya di bagian depan mobil sehingga organ vital dapat terlindungi secara maksimal.

Dalam hal ini, saat kecelakaan yang menyebabkan terjadi benturan keras, organ vital berupa kepala, leher dan dada akan aman dari benturan. Pada beberapa mobil alat pelindung diri ini telah dimaksimalkan hingga seluruh bodynya sehingga pengendara semakin dijamin keamanannya.

Fungsi alat pelindung diri ini selain menjamin keamanan dan kenyamanan juga menjaga keadaan mobil tetap prima. Ketika terjadi benturan akan banyak kerusakan terjadi pada mobil, namun dengan adanya alat pelindung diri ini kerusakan pada interior mobil sedikit terminimalisir.

Fungsi lainnya dari komponen pelindung diri ini adalah untuk menghambat laju pengendara dan penumpang mobil dalam waktu beberapa detik. Penghambatan laju penumpang ini akibat komponen pelindung diri yang mengembang secara maksimal sesuai kapasitasnya.

Cara Kerja Airbag Mobil Untuk Keselamatan Berkendara di Jalan Raya

Ketika menempuh perjalanan, seorang pengendara mobil perlu menyiapkan mental dan kondisi mobil yang hendak digunakan. Seorang pengendara perlu memahami cara kerja keseluruhan mobil yang dimiliki sehingga bisa mengendarai mobil lebih maksimal.

Pemahaman terhadap seluruh komponen mobil termasuk airbag ini juga sangat berguna saat terjadi kecelakaan sehingga pengemudi telah siap siaga. Dalam hal ini pula, airbag mobil akan bekerja secara otomatis saat terjadi benturan yang sangat dahsyat.

Komponen pelindung diri ini terhubung langsung pada sensor mobil, sehingga ketika terjadi benturan keras ia akan aktif secara otomatis. Sensor mobil yang telah mengirimkan sinyal tersebut membuat alat pelindung diri langsung mengembang dan menyelimuti beberapa bagian mobil.

Bagian mobil yang diselimuti dengan alat pelindung diri ini secara otomatis juga akan melindungi organ-organ vital pengendara. Melalui adanya terobosan baru inilah fitur pengamanan keselamatan pengendara mobil semakin sempurna.

Pada mobil yang tidak dilengkapi alat pelindung diri serupa, tubuh pengendara hanya tertahan oleh seatbelt sehingga kemungkinan cedera pada beberapa organ vital lebih tinggi. Meskipun salah satu komponen mobil ini bekerja dengan mengembang, namun pernapasan pengguna tidak akan terganggu.

Komponen ini terbuat dari berkas nilon tipis dengan banyak lubang untuk mengembangkan dirinya dan mengeluarkan udaranya agar bisa menyusut seperti balon udara. Gas yang ada pada komponen tersebut juga murni nitrogen sehingga aman dihirup pengendara.

Petunjuk Menggunakan Airbag Agar Dapat Berfungsi Secara Maksimal

Pengendara mobil yang bijak selain mengetahui cara kerja komponen pelindung diri ini juga perlu mengetahui petunjuk penggunaannya agar fungsinya bisa lebih maksimal. Memperhatikan cara penggunaan tersebut bertujuan untuk menghindari kesalahan langkah pengaplikasian.

Pengguna mobil tidak boleh memukul area komponen pelindung diri berada. Pengguna mobil juga tidak perlu melakukan modifikasi pada beberapa komponen mobil seperti dashboard, bemper mobil, kemudi, panel instrumen, suspensi kendaraan karena dapat mengurangi performa kerja airbag mobil.

Pada saat komponen pelindung diri bekerja pun, pengguna perlu memperhatikan beberapa hal yang urgent. Dalam hal ini, saat alat berfungsi akan terjadi sebuah reaksi kimia pada inflator mobil untuk mengisi alat pelindung diri secara cepat menggunakan gas tidak beracun berupa nitrogen

Pada saat reaksi kimia terjadi inilah akan muncul suara bising serta serbuk putih yang terus menyebar. Kondisi ini terjadi akibat nitrogen yang dipaksa keluar dalam periode waktu sepersekian detik dengan dorongan maksimal.

Bekerjanya alat pelindung diri ini juga memicu beberapa komponen mobil seperti inflator, penutup alat pelindung diri, alat kemudi dan dashboard mengalami peningkatan suhu. Kondisi ini terjadi karena suhu sekitar terserap dalam inflamator untuk mengisi alat pelindung diri secara maksimal.

Nah, saat komponen pelindung diri ini bekerja pengendara juga dilarang menyentuh beberapa area vitalnya. Pengendara juga perlu menghindari airbag saat ada letupan darinya sebagai bentuk perlindungan diri.

Kebanyakan penggunaan akan mengalami gangguan pernapasan setelah udara terhirup. Walaupun nitrogen yang terhirup aman untuk manusia, tapi jika terlalu banyak juga tidak baik. Agar kondisi ini cepat teratasi, disarankan kaca mobil cepat dibuka agar udara segar dari luar masuk.

Pengendara juga disarankan segera meninggalkan kendaraan apabila kondisinya memungkinkan. Setelah keadaan aman, pengendara maupun penumpang disarankan segera membersihkan kulitnya yang terkena serbuk putih untuk menghindari terjadinya iritasi pada bagian tersebut.

Cara Merawat Airbag

Fitur keselamatan adalah bagian penting yang perlu ada pada mobil. Fitur ini secara otomatis dapat mengurangi kemungkinan cedera saat terjadi kecelakaan. Maka, pengguna perlu memperhatikan cara perawatan fitur airbag agar fungsinya tetap normal seperti pada umumnya.

perawatan ini perlu dilakukan karena seiring berjalannya waktu akan terjadi penurunan kondisi mobil dan tidak jarang komponen keselamatan ini juga bermasalah. Padahal pada saat terjadi masalah fatal komponen keselamatan ini menjadi bagian yang paling penting.

Pada beberapa mobil keluaran terbaru fitur keselamatan yang satu ini telah dikembangkan dengan tersambung otomatis secara elektronik. Pada terobosan baru ini airbag akan didukung melalui energi listrik.

Beberapa sinyal listrik ini akan terdapat pada komponen mobil yang biasanya menjadi tempat pengendara mengalami benturan. Fitur keselamatan ini akan berfungsi ketika mobil bergerak setelah mobil berjalan dengan kecepatan melebihi 30 km/jam.

Pengguna juga perlu menghindari beberapa hal yang dapat mengurangi fungsi kerja alat pelindung diri ini seperti modifikasi dan penambahan aspek tertentu. Pengguna hanya perlu merawat apa yang ada secara periodik agar alat pelindung diri ini tetap berfungsi dengan baik.

Pengendara juga perlu memastikan aki mobil masih mencukupi untuk berkendara sehingga alat pelindung diri dapat berfungsi dengan asupan listrik yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.